Wednesday 23 October 2013

Gadget Jadul sampai Gadget Gaul

Hellooo beautifulThing!


Posting kali ini bahas tentang teknologi yang sekarang sudah merebak di masyarakat khususnya remaja yaitu GADGET.



Hmm.. omong-omong tentang gadget? Gadget yang kalian punya apa nih? Kalo bagi remaja, remaja yang gak punya gadget canggih itu termasuk remaja kuper (baca: kurang pergaulan) hihi..
Ya semua itu tergantung duit sih. Yang punya duit banyak bisa deh beli gadget ini itu sesuka hati haha. Tapi yang gak punya duit ya cuma bisa searching di internet tentang gadget. hihi tragis yaaa.

Oh yaa.. bagi yang belum tau gadget. Nah ini saya jelasin.
Apa sih gadget itu?
Menurut wikipedia.com , Gadget (atau gawai,acang) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dianggap dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya.

Nah, kalo menurut saya sendiri, gadget adalah suatu alat atau piranti yang canggih pada jamannya.
Maksudnya ? Nah saya jelasin dibawah ini. hehe

# Gadget Jadul

gadget jadul itulah nama jaman sekarangnya. Kalo dulu sih namanya bukan Gadget Jadul tapi gadget canggih yang punya hanya orang-orang berduit aja. 
Gadget pada jaman dulu sungguh laris dipasaran. 
Mulai dari televisi, mobile phone, game player, dsb.


Dulu, orang-orang banyak juga yang tutup mata tentang apa sih gadget dan tidak memperdulikan sama sekali karena harga yang cukup mahal dan bagi mereka tidak mengenal gadget tidak akan rugi.
Tapi bagi masyarakat yang selalu updete teknologi, gadget sangat dibutuhkan. Meskipun barang-barang itu sangat mahal dan jarang ditemukan, bagi para penggila teknologi sangatlah kecil (baca:mudah didapat).

Tahun demi tahun, gadget mulai berkembang. Perubahan demi perubahan mulai terlihat lebih canggih. Bentuk, komponen, serta fitur-fiturnya pun lebih kompleks. Ingatkah kamu dengan gadget-gadget ini?


Gadget-gadget ini terkenang sampai sekarang. Masih banyak orang yang menggunakan gadget ini. Nintendo, walkman, polaroid, jam tangan kalkulator, dll. masih sangat diburu masyarakat.

Meskipun sekarang sudah menjadi gadget jadul, tapi banyak keunikan yang dimiliki yaitu :
  • Ukuran yang besar dan sangat berat. Seperti kalkulator jaman dahulu yang berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Wawww.. itu baru kalkulator. Nah setelah kalkulator berkembanglah komputer generasi pertama yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW. Hmm, bayangkan seberapa gedenya tuh komputer.
  • Yang unik lagi adalah bentuknya. Banyak bentuk-bentuk gadget jaman dulu yang unik banget. Seperti mobile phone yang mempunyai antena. Antena bukan sekedar pajangan loh. hehe antena difungsikan untuk menangkap sinyal agar mobile phone dapat digunakan. Oh ya sebelum ada mobile phone , untuk berkomunikasi jarak jauh digunakanlah telepon kabel. Nah telepon kabel ini gak bisa diajak kemana-mana karena ada kabel yang harus dicolokkan. hihi.
    Ada lagi sebelum telepon kabel , ada walkie talky yang digunakan untuk komunikasi dalam hanya dalam  jarak 0,5 Km sampai dengan 2,5 Km tanpa menggunakan biaya pulsa seperti menelpon.
  • Lebih tahan lama. Baterai handphone jadul lebih awet daripada baterai smartphone yang sekarang. Karena handphone jadul tidak menghabiskan power yang begitu besar.
  • Lampu layar handphone nya pun unik. Ada yang berwarna kuning, merah, putih. Font pada layar pun gak bisa berwarna-warni hanya hitam. Biasanya handphone seperti ini disebut handphone monokrom.

Banyak keunikan-keunikan lainnya. Dari bentuk serta komponen-komponen di dalam gadget tersebut.
Dari tahun ke tahun , gadget jadul ini sudah mulai diubah oleh para ahli agar dapat lebih memudahkan para penggunanya. Dari ukuran yang besar , sudah mulai lebih diperkecil agar mudah membawanya. Dari fitur yang belum lengkap, sudah mulai dilengkapi. Dari yang tampilan luarnya jelek, sudah mulai dipercantik. Itu semua karena teknologi sudah semakin maju dan gadget jadul sudah mulai ditelan zaman.


Banyak teknologi jaman sekarang yang semakin berkembang dan semakin canggih. Gadget Jadul kini sudah jarang sekali ditemukan. Gadget Jadul kini sudah menjadi gadget gaul yang hampir setiap orang memilikinya.

# Gadget Gaul

Gadget gaul kini lebih mudah didapatkan dan lebih murah harganya. Besar-kecil, tua-muda, cewek-cowok, kaya-miskin semua menggunakan gadget. Entah itu kebutuhan atau sekedar mengikuti tren saja. 
Kehidupan sekarang tidak lepas dengan namanya gadget. Tidak punya gadget tidak akan tau dunia luar. Tidak punya gadget tidak gaul. Tidak punya gadget mati gaya. Tidak punya gadget kurang pergaulan. Haha itu semua mengarahkan pada kehidupan yang HARUS MEMPUNYAI GADGET dan masuk pada KEHIDUPAN GAUL.



Kini gadget sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Angka pengguna gadget di Indonesia sendiri cukup tinggi, yakni sekitar 67% dari total penduduk di Indonesia, tetapi, jumlah gadget yang beredar malah lebih banyak daripada jumlah penduduk di Indonesia itu sendiri. Jika dirata-ratakan, setiap penduduk di Pulau Jawa masing-masing memiliki 2 smartphone. Fakta ini menyadarkan kita betapa bergantungnya hidup kita pada gadget, terutama smartphone. (sumber : http://www.gadgetgaul.com/ketergantungan-manusia-ponsel-mengkhawatirkan.html)

Coba lihat keluar. Setiap jalanan , setiap rumah, setiap orang pasti memiliki gadget. Nah itu artinya keterkaitan  kehidupan manusia dengan gadget sudah sangat kuat. Seseorang bisa tertawa bahagia karena gadget. Seseorang bisa menangis karena gadget entah itu kehilangan gadget ataupun diputusin pacarnya lewat gadget hihi. Bahkan seseorang bisa nekat  melakukan kriminalitas karena ingin mempunyai gadget. 

Banyak orang tua yang sukar melihat remaja jaman sekarang yang kelakuannya tidak sopan. Seorang remaja berjalan dan ia sibuk dengan gadgetnya tanpa memperdulikan orang tua disekitarnya. Seorang remaja yang tidak konsentrasi mengendarai motor karena sibuk dengan gadgetnya. Semua itu menggambarkan kalau manusia bergantung pada gadget. 

Pengusaha atau pegawai yang ingin menemui rekannya, pelajar yang membutuhkan bahan pelajaran, mahasiswa yang ingin menambah pengetahuan, anak kecil yang membutuhkan hiburan sampai ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan sayuran tapi malas pergi kepasar. Semuanya dapat terpenuhi dengan perkembangan gadget yang semakin canggih ini.

Hanya tinggal sekali nge-klik kita dapat sesuatu yang kita inginkan. Tak perlu berjalan, hanya duduk santai kita sudah menikmati indahnya dunia luar.  Belanja pun tak perlu datang ke supermarket. Diskusi sama orang lain  tidak harus bertemu dengan orang tersebut. Semuanya serba mudah jika ada gadget.

Tak perlu mempunyai banyak barang elektronik. Hanya satu gadget saja, sudah mencakup semuanya. Dari mulai nonton televisi, nonton film, dengerin musik dan radio, internetan, blogging, belajar, menulis catatan, dan sebagainya. Lebih hemat dan efisien.

Gadget membuat kehidupan orang semakin mudah dan cepat. Tapi jika disalahgunakan, menggunakan gadget banyak sekali kerugiannya bagi kita. Yaitu :
  • Rugi waktu, banyak remaja dan anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain-main dengan gadget mereka. Mereka di sekolah main gadget, dirumah main gadget, dimanapun main gadget, mau tidur main gadget dulu, bahkan poop aja bawa gadget. Waktu belajar main gadget, nah gimana ilmunya bisa masuk coba. Kalau dibuat belajar sih gak masalah. Kalo yang lain? Nah, bagi orang tua waspadai anak-anak anda. 
  • Kurang tidur, menurut penelitian di University Alberta, Kanada mencatat, makin banyak gadget buat anak di kamarnya membuat jam tidur mereka makin berkurang. Ini adalah penelitian pertama yang mengkaji keterkaitan tidur, gadget, aktifitas fisik.
    Penelitian itu melihat anak anak kelas 5 ternyata jam tidurnya berkurang hingga 30 persen. Mereka ini rata rata memiliki lebih dari satu gadget di kamarnya, seperti televisi, komputer, video game atau ponsel.
    Veugelers, yang menulis hasil penelitian itu, membeberkan bahwa dari 3.400 anak yang diteliti memiliki lebih dari satu gadget di kamar mereka. Separuh lebih dari mereka mengaku saat waktunya tidur, mereka justru melek dengan gadget tersebut. Yang paling umum adalah nonton televisi, ujar Veugelers.
    Hasilnya, mereka juga 1,5 kali lebih mudah obesitas dibanding dengan anak anak yang tak ada gadget di kamarnya. Makin banyak gadget di kamarnya, ternyata makin besar keterkaitannya dengan obesitas.Padahal, jika anak cukup tidur, maka hasilnya akan lebih banyak beraktifitas fisik dan makan lebih baik.
    Rekan Veugelers, Christina Fung, mencatat anak-anak sekarang tidur lebih sedikit dari pada generasi sebelumnya. Dua pertiga dari mereka tidak tidur sesuai dengan anjuran
    Nah, mulai sekarang anda harus mengeluarkan gadget yang ada di kamar anak anda. (sumber :  www.lglovesindonesia.com/news-update/kurangi-gadget-demi-better-life/)
  • Kesehatan terganggu, jika orang terekspos cahaya display elektronik selama dua jam, jumlah zat melatonin dalam tubuh akan menurun hingga 22 persen. Melatonin adalah hormon dalam tubuh penghasil rasa kantuk. Jika jumlah Melatonin menurun maka orang akan sulit tidur. Kurang tidur dapat berefek buruk pada kesehatan karena akan merusak konsenterasi, ketenangan dan mempengaruhi mental seseorang.
    Meletakkan smartphone dekat kepala ketika sedang tidur juga berbahaya, menurut Badan Internasional penelitian kanker di Lyon, Paris, intensitas menggunakan ponsel di sekitar area kepala dalam waktu lama, dapat memicu kemunculan zat penyebab kanker (karsinogenik) terutama kanker otak. Hal ini dikarenakan medan elektromagnetik yang berasal dari radiasi ponsel diserap kepala dan kemudian diserap sel otak hingga mengenai DNA dalam sel. (sumber :  www.lglovesindonesia.com/news-update/kurangi-gadget-demi-better-life/)
  • Mendapat ilmu yang tidak bermanfaat bagi umurnya. Maksudnya? Semakin berkembangnya jaman juga semakin berkembangnya tangan-tangan jail orang iseng. Banyak situs-situs porno di internet. Anak yang berumur 17 tahun kebawah akan terjerumus ke dunia yang belum untuk mereka. Jadi, bagi orang tua harus menjaga umur mereka jangan sampai dewasa belum pada waktunya. 


Nah, jangan cuma cintai gadget tapi cintai kesehatan dan keluarga anda juga. 
Banyak kerugian lain  yang kita dapatkan jika kita menyalahgunakan gadget yang kita miliki.

# Gadget Inovator

Jujur, saya bingung gadget apa yang ingin saya inovasikan. Semua gadget sudah dapat membantu manusia. Semua sudah lebih mudah, cepat dan canggih. Manusia yang normal dan manusia yang mempunyai disabilitas pun sudah dapat menikmati kecanggihan gadget.
Berikut adalah gadget yang menurut saya gadget paling inovator. Gadget-gadget ini dapat membantu manusia disabilitas dapat berkomunikasi dengan lancar. Bekerja tanpa peduli dengan ketidakmampuannya.

- SmartPhone Tunanetra -

Nah, terpuji banget nih orang yang bikin sesuatu untuk menolong orang lain. Terlebih orang lain itu mempunyai kekurangan, khususnya tunanetra.


Seorang peneliti asal India mengembangkan smartphone yang dikhususkan untuk kalangan tuna netra. Dengan smartphone ini, mereka bisa mengirim  pesan pendek, bahkan email. Menurut sang penemu, Sumit Dagar, ponsel pintar ini mengubah semua teks ke dalam pola Braille. "Ini smartphone Braille pertama di dunia," ujar Dagar, post graduate di National Institute Design, Ahmedabad, India.
Dagar menjelaskan alasannya untuk mengembangkan perangkat ini. Yakni ketika Dagar menyadari sejauh ini teknologi hanya melayani arus utama dan mengabaikan kaum yang terpinggirkan. Bekerja sama dengan IIT Delhi, Dagar pun membuat prototipe, yang saat ini sedang diuji di LV Prasad Eye Institute di Hyderabad, India. Selama pengujian, responnya bagus. "Kami akan mengembangkan yang lebih canggih," ujarnya.

Menurutnya, teknologi dalam smartphone ini seperti dalam ponsel umumnya. Perbedaannya hanya di bagian layar, yang mengubah pesan yang masuk menjadi pola yang bisa "disentuh" oleh tangan.
Dengan menggunakan teknologi Shape Memory Alloy, berdasar pada konsep bahwa logam berubah sesuai bentuk aslinya. Misalnya usai disentuh atau diubah bentuk, logam akan kembali ke bentuk asalnya. Dengan teknologi ini, layar memiliki pola jaring titik-titik yang bisa berubah sesuai kebutuhan. Pola jaring titik-titik ini yang menampilkan huruf Braille, yang menampilkan karakter atau huruf.

Dagar memulai proyek ini tiga tahun lalu saat mempelajari Desain Interaksi National Institute Design. Setelah bekerja pada beberapa perusahaan, dia memutuskan fokus pada desain interaksi.
Bersama enam orang lainnya, Dagar mendirikan Kriyate Design Solutions, dan mengembangkan smartphone Braille ini. Perusahaannya ini tengah diinkubasi oleh Centre for Innovation Incubation and Entrepreneurship, di kampus Ahmedabad. Pengembangan smartphone Braille ini mendapat dana dari Rolex Awards, di bawah program Young Laureates Programme. Program ini memilih lima orang dari seluruh dunia tiap dua tahun sekali. Mereka yang terpilih akan dapat dana mengembangkan proyeknya. (sumber : http://id.berita.yahoo.com/inilah-smartphone-pertama-buat-tuna-netra-044032849.html)

- Universal Communicator -

Orang cacat selalu dibuat berbeda. Bahkan ketika datang ke setiap jenis teknologi , orang-orang seperti tidak pernah diingat ketika merancang suatu produk . Entah produk dapat digunakan oleh orang normal atau secara eksklusif dibuat untuk orang-orang cacat , sehingga menimbulkan kesenjangan. Membunuh perbedaan tersebut adalah perangkat praktis yang disebut Communicator Universal yang telah dirancang oleh Sebastian Popa . Orang yang memiliki kesulitan dalam berbicara , mendengar atau bahkan melihat dapat menggunakan perangkat ini tanpa halangan, yang membuat mereka mirip benar-benar normal .


Desainnya akan menangkap indra Anda segera, setelah Anda meletakkan mata di atasnya. Alat ini sederhana untuk dismpan hanya terdiri dari sebuah cincin dan gelang , yang sangat tepat untuk memfasilitasi percakapan. Gelang yang dikenakan di pergelangan tangan dan terdapat mikrofon yang melekat berguna untuk mengirim pesan yang diucapkan , bila berada di dekat mulut . Cincin akan membantu Anda mendengarkan semua pembicaraan ketika ditempatkan di dekat telinga. Universal Communicator ini telah dibuat dari bahan yang sangat lentur , sehingga bisa cocok ke setiap ukuran pergelangan tangan .


Muncul dengan beberapa penggunaan dan bermanfaat bagi orang normal dan cacat . Bahkan itu akan membantu orang-orang dari kedua genre untuk berinteraksi tanpa banyak kesulitan . Shell lentur dengan memastikan bahwa perangkat cocok pada setiap orang . Universal Communicator terdiri dari gelang dan cincin , ditempatkan pada kedua tangan , yang membantu percakapan . Jika seseorang dapat berbicara dan tidak bisu , ia dapat memposisikan mikrofon di dekat mulut dan bercakap-cakap . Melalui speaker diposisikan pada cincin , orang tersebut dapat dengan mudah mendengar pesan suara yang diterima . Tapi dalam kasus seseorang bisu atau tuli ( yang menggunakan bahasa isyarat ) pesan akan terlihat di layar setelah tindakan mereka diubah menjadi ikon , audio atau pesan teks . Menempatkan perangkat pada kedua tangan membantu membaca gerakan dari kedua tangan untuk akurasi maksimal .




(sumber : http://amazingworldwide.blogspot.com/2011/05/universal-communicator-by-sebastian.html)

Nah, ini saya sertakan video yang menggambarkan dunia pada tahun 2050 yang akan ditarget oleh Microsoft. Sungguh hebat dan canggih.



video itulah menggambarkan gadget Inovator yang tercanggih. 

Semua menjadi lebih mudah, praktis dan efisien tempat serta waktu.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. 
Semoga bermanfaat. Selain untuk informasi, artikel ini saya ikutsertakan dalam 


Semoga apa yang kita inginkan tercapai. Never give up and keep smile :)
salam beautifulThing!
widyaratnasari



No comments:

Post a Comment